Friday, May 27, 2016

kerajaan SIANJUR MULAMULA

Sebelum kita beranjak kepada kerajaan Sianjur Mulamula kita kembali sesaat mengenang dikala jatuhnya kerajaan Barus. Pada saat kerajaan Barus diserang Melayu Pagaruyung dan Saudagar Islam, perang berkecambuk , situasi genting lalu Sori MagaRaja II (nenek Siraja Batak) dan Sinambeuk (Ayah dari SiRaja Batak) sefakat dengan Mutya Raja ( Paman dari Si Raja Batak) agar menyuruh SiRaja Batak Menyingkir( saat berumur 19 tahun) dari kerajaan Barus dan Membawa benda-benda puasaka pergi ke Pusuk Buhit sebagai tempat yang dirahasikan pamannya itu yakni Goa batu ( liang raja) tempat Samadi dari Raja Malim/Uti I di hari-hari sebelumnya.

Dengan susah payah dan perjalanan yang sanagat jauh SiRaja Batak menuju tempat yang di maksudkan oleh Mutya Raja pamannya itu dan membawa seruas bambu (tabu-tabu sitarapullang), Dia mengalami capek, lapar, dan haus hingga Ia menemukan mata air yang disebutnya ,”Aek sipaulak hosa, sipadao loja”. Lalu dia duduk beristirahat diatas batu hebol dan memandang kesekelilingnya, setelah tiba dipuncak Pusuk Buhit Dia menemukan Gua yang dimaksudkan oleh pamannya, lalau diasanalah SiRaja Batak tinggal dan Menetap.

Setelah perang usai dan situasi sudah kondusif, lalu pergilah Raja Uti I yang ditemani oleh putrinya menemui Siraja Batak ke Pusuk Buhit. Selama dua malam Raja Uti I beristirahat dan membicarakan bahwa walaupun kerajaan sudah hancur, kerajaan Batak harus tetap didirikan kembali yang mana peran dan tanggungjawab itu berada dipundak SiRaja Batak. Namun SiRaja Batak belum siap, lalu pergilah Raja Malim/ Raja Uti I (Mutya Raja) kembali ke Pea Langge dan memimpin aktifitas kerajaan itu di daerah Salak.
  1. Sesui dengan cerita para leluhur bahwa, Orang yang pertama sekali menaiki Puncak Pusuk Buhit menyatakan: Saat dia menoleh kearah pulau Samosir keadaan disana masih sunyi dan tidak ada tanda aktifitas kehidupan Manusia. Kemudia dia menoleh ke arah Tanah Pakpak, Ia melihat sudah banyak asap api dikarenakan oleh aktfitas manusia.
  2. Sesuai dengan sejarah bahwa saat SiRaja Batak menyingkir dari kerajaan Barus, Ia membawa seruas bambu (Tabu-tabu sitara pullang)yang berisikan dua kitab yaitu:
    • Pustaka Tombaga Kholing yang berisikan ilmu kesaktian dan ketentaraan.
    • Pustaka surat Agong yang berisikan ilmu tatanegara.
  3. Dan memegang perjanjian, “Tabu-tabu sitara pullang, ia sian dia dalan na ro, Ikkon tusi muse dalanna sumuang”. (darimana datangnya harus kesitu juga kembalinya).
  4. Ada juga cerita mitos mengatakan SiRaja Batak itu “Turun dari langit dalam seruas bambu”, (madekdek sian langit, mapultak sian bulu) padahal sudah jelas bahwa SiRaja Batak itu pewaris dari kerajaan Batak (kerajaan Barus).
Kerajaan Sianjur Mulamula bertempat di Pusuk Buhit (Toba). kerajaan ini diprediksi berdiri pada abad ke-13M sekitar tahun 1395M. Mengapa? Karena SiRaja Batak saat berumur 19 tahun tiba di Pusuk Buhit pada tahun 1364M, lalu ditambah dengan 6 tahun lagi baru Ia berumur 25 tahun, dan pantas mempunyai keturunan (anak kandung) lalu ditambah 25 tahun lagi( satu generasi) SiRaja Batak pantas mempuyai cucu. Maka tahun 1364 ditambah 31 tahun = 1395.

Maka dari itu bisa diprediksi bahwa kerajaan Sianjur Mulamula didirikan SiRaja Batak pada tahun 1390an dengan menjadikan anak sebagai rakyat pertamanya dan disusul oleh cucu-cucunya sebagai generasi kedua, Lalu disusul oleh penduduk pendatang. Dari sinilah Kerjaan Sianjur Mulamula berkembang pesat dan membina sistem kekerabatan yang baik terhadap seluruh keturunannya dengan sistem patrilinil.( menarik garis keturunan dari sang ayah). kerajaan ini menjalin hubungan baik dengan kerajaan-kerajaan yang ada disekitarnya yakni kerajaan Sipakpak di Dairi, kerajaan Uti di Pea Langge- Pulau Mussung Babi demikian juga kepada ketunan SiRaja Bahar di Karo (Haru).

Dalam beberapa generasi kemudian sesui dengan anjuran Raja Malim dari pulau Mussung Babi bahwa , supaya seluruh kerajaan-kerajaan yang ada ditanah Batak menganjurkan kepada rakyat agar membuat marga-marga untuk menghindari terjadinya perang saudara dan antar kampung. Anjuran ini sangat baik diterapakan dikawasan kerajaan Sianjur Mulamula dan sebagai bukti suku Batak Toba dari Sinjur Mulamula mempunyai Buku Silsilah dengan rapi yang dumulai dari sejarah kehudupan SiRaja Batak hingga segala keturunannya.

Artikel Terkait

kerajaan SIANJUR MULAMULA
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email